18 Desember 2015

Promosikan Banyuwangi Lewat Bahasa Using,HUT Dharma Wanita ke – 16

Mempromosikan Banyuwangi adalah tanggung jawab setiap masyarakat Banyuwangi. Tak terkecuali para ibu-ibu yang tergabung dalam  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Banyuwangi. Mereka diajari lalu dilombakan menulis artikel dan pidato bahasa Using untuk mempromosikan Pariwisata Banyuwangi.

“Setiap yang tinggal di Banyuwangi, harus ikut mempromosikan daerahnya kepada setiap tamu yang datang. Tak ketingalan para ibu ini kita tuntut bisa mempromosikan daerahnya, syukur-syukur memakai bahasa Using, ini akan jauh lebih menarik,” kata Ketua DWP Kabupaten Banyuwangi, Susi Slamet Kariyono saat merayakan HUT ke-16 DWP di Hotel Ketapang Indah, Selasa (16/12).
Susi mengatakan setiap tahun DWP Banyuwangi bertekad meningkatkan kualitas perempuan di berbagai bidang  untuk mendukung suksesnya program-program pemerintah. Khususnya yang terkait dengan program peningkatan dan pemberdayaan perempuan. Salah satunya lewat lomba di atas.
Selain itu, DWP juga telah persiapkan sejumlah program kemasyarakatan, di antaranya pelatihan-pelatihan bagi anggota ataupun masyarakat, seperti pelatihan membuat olahan panggan dari bahan hortikultura, pelatihan bordir dan membuat alat peraga edukatif (APE) bagi guru PAUD.
 “Tak lupa kami juga akan gelar berbagai kegiatan bakti sosial dan gerakan 1000 mukena bagi kaum dhuafa sebagai implementasi program kemisikinan pemerintah,” imbuh Ny Susi.          
Puncak HUT DWP ke – 16 kali ini, dimeriahkan dengan penampilan ibu-ibu DWP yang tergabung dalam grup Sri Tanjung. Sebuah grup yang mengkolaborasikan musik patrol dan gamelan menyuguhkan lagu umbul-umbul Blambangan dan Ulan Andhung-andhung.
Puas menyanyi, ibu-ibu ini juga masih dihujani door prize oleh panitia HUT DWP, ada kompor, tempat sampah payung, cangkir keramik, handuk, sprei dengan cara mengundinya. Juga memberikan bantuan kepada Yayasan Kesejahteraan Penyandang Tuna Indra (YKPTI) Kabupaten Banyuwangi.
Dilanjutkan pembagian hadiah kepada masing-masing pemenang dalam lomba HUT DWP ke – 16. Diantaranya, Pemenang Lomba Menulis Naskah/ Artikel Pariwisata, Juara I diraih DWP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Juara II,  DWP Kecamatan Bangorejo dan Juara III, DWP Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Perikanan. Lomba Pidato Bahasa Using, Juara I, DWP Kecamatan Rogojampi, Juara II, DWP Kecamatan Banyuwangi dan Juara III, DWP, Dinas PU Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang.
Melengkapi acara di puncak HUT DWP ini, Sekkab Slamet Kariyono dan sejumlah pejabat teras ikut hadir ditengah-tengah mereka.
“Selamat HUT DWP. Pemkab mengucapkan terima kasih atas kontribusi DWP yang telah mendukung kinerja suaminya dengan baik, sehingga bisa mengantarkan pemerintah kabupaten Banyuwangi meraih ratusan penghargaan. Ini semua berkat dukungan dan motivasinya kepada suami,” kata Sekkab. 
Sekkab juga mengatakan, sebagai organisasi istri PNS yang kukuh, bersatu dan  mandiri, ada tiga hal yang tidak boleh dilupakan. Pertama, DWP harus lebih kontrukstif terhadap anggota dan keluarganya. Kedua, DWP diharapkan mampu melanjutkan peran dan  pengabdian dengan penuh totalitas. Ketiga,  bisa terus memberdayakan kaum perempuan dan  ikut berperan aktif dalam membangun banga dan negara.
Diakhir puncak perayaan HUT DWP, ibu-ibu ini mendapat siraman rohani dari Ust KH Aad Ainurussalam dari Sidoarjo. Dalam ceramahnya Ustad Aad, menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas hidup perempuan menuju ketahanan keluarga. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: