08 Desember 2015

Amankan Pilkada, Polres Terjunkan 1200 Personil

Untuk memastikan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan digelar Rabu besok (9/12) berjalan lancar dan aman, Polres Banyuwangi menggelar apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Praja Blambangan, Senin sore (7/12). Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama bertindak selaku inspektur upacara dalam apel yang digelar di Taman Blambangan itu.
Apel tersebut diikuti ratusan petugas pengamanan gabungan, diantaranya TNI / Polri, Satpol PP, dan  Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Sementara di tengah-tengah undangan yang hadir terlihat Penjabat Bupati Banyuwangi Zarkasi, Forum Pimpinan Daerah, dan pejabat komponen Pemkab Banyuwangi.
Bastoni Purnama mengungkapkan, untuk mengamankan pemilu mulai dari pencoblosan hingga penghitungan hasil suara, pihaknya menurunkan sebanyak 1200 personil. “Kami akan mengeluarkan kekuatan penuh untuk menjaga 2800 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar se-Kabupaten Banyuwangi. Ke 1200 personil tersebut terdiri atas 850 personil dari kepolisian, dibantu 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Brimob Polda Jawa Timur, dan masing-masing 1 SSK dari Bondowoso, Lumajang, Batalion Jember, Kodim dan Pangkalan AL (Lanal) Banyuwangi,” kata Bastoni.
Terkait potensi kerawanan, ujar Bastoni, secara umum seluruh wilayah Banyuwangi cukup aman. Sungguh pun begitu, pihaknya tetap menyiagakan pasukan untuk mengantisipasi agar tidak ada orang-orang yang berpotensi menghancurkan keberlangsungan pesta demokrasi itu. “Kami akan tindak tegas perusuh, tapi tetap dengan cara yang persuasif dan humanis. Jika ada yang melanggar, kami akan melakukan pendekatan persuasif terlebih dahulu, memberi peringatan, dan jika eskalasinya terus meningkat, bukan mustahil para perusuh itu akan ditembak di tempat,” tandasnya.
Bastoni menambahkan, 1 TPS akan dijaga oleh 1 polisi, 1 TNI dan 2 anggota Linmas. Uniknya, dalam pemilu kali ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah pilkada Banyuwangi,  juga dilibatkan para polwan. Total ada 44 polwan yang akan diterjunkan. (Humas & Protokol)

Tidak ada komentar: