08 Desember 2015

Banyuwangi Gelar Kompetisi Wirausahawan Muda

Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Industrial Young Enterpreneur Competition (BIYEC) 2015. Sebuah ajang kompetisi bagi anak muda muda untuk menuangkan ide berbisnisnya dalam sebuah business plan, dengan mengangkat potensi berbasis lokal.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan, Hary Cahyo Purnomo mengatakan, BIYEC digelar untuk menciptakan wirausaha muda yang mampu berinovasi dan berkreasi. “Melalui ajang ini, kami ingin mewadahi anak-anak muda kreatif yang memiliki jiwa kewirausahaan. Kami mencoba merangsang ide-ide kreatif kaum muda ini untuk menciptakan sebuah usaha," kata Hary.
BIYEC 2015 ini diikuti oleh 40 peserta yang rata-rata adalah kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum. Mereka telah mengikuti workshop pembuatan business plan yang digelar pada 7 Desember lalu di Kantor Disperindagtam. Workshop itu dipandu langsung Aris Purnama, seorang pengusaha muda sukses bidang pengolahan perikanan.
"Puluhan peserta yang mayoritas pelajar dan mahasiswa ini dibekali dan dilatih membuat konsep perencanaan pengembangan bisnis. Setelah ikut workshop sehari, mereka akan membuat business plan yang dikumpulkan 20 Desember, lalu dipresentasikan di hadapan para juri," ujar Hary.
Dalam kompetisi ini, para peserta juga diminta untuk menciptakan business plan yang berbasis potensi lokal, yakni mengangkat dan mengolah potensi yang ada di daerah sekitar tempat tinggal mereka. Karena itulah kegiatan ini menitik beratkan pada kegiatan industri, dengan tujuan agar  terjadi sebuah proses ekonomi yang berkelanjutan. “Jika potensi lokal setiap daerah terangkat, kami berharap perekonomian masyarakat di setiap daerah juga akan meningkat,” kata Hary.
Dieperindagtamb menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenang lomba total sebesar Rp. 31,5 juta. "Sengaja hadiahnya berupa uang, karena kami berharap hadiahnya bisa langsung menjadi modal usaha bagi mereka,” pungkas Hary. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: