19 Mei 2013

Wisata Red Island-Bwi=Foto

Perkenalkan lokasi wisata baru di Pantai Pulau Merah, Pemkab Banyuwangi menggelar Kejuaraan Surfing Internasional dengan melibatkan peselancar asing dari berbagai negara
Sesudah Tour de Ijen sebagai Kejuaraan Balap Sepeda Internasional yang melibatkan peserta asing dari berbagai negara, giliran nanti pada 24 sampai 26 Mei mendatang akan digelar Banyuwangi Internasional Surf Competition.

Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi pada Budi Leksono reporter Suara Surabaya, Selasa (14/5/2013) mengatakan, event selancar internasional ini untuk mempromosikan lokasi wisata baru di Banyuwangi yaitu Pantai Pulau Merah atau Red Island.

Abdullah Azwar Anas mengatakan, panitia kejuaraan Banyuwangi Internastional Surf Competition ini juga tidak main-main. Mereka benar-benar profesional.

Bahkan selain melibatkan tim penyelemat profesional dan juri kelas dunia juga akan melibatkan Organisasi Surfing (Indonesia Surfing Assiosiation/ISA).

Bupati Banyuwangi ini juga mengaku cukup bangga, karena meski baru pertama kali digelar, sponsor pendukung juga mengaku sudah siap untuk menggelar event yang sama tahun depan. Ini bukti kalau event ini cukup diminati.

Banyuwangi Internasional Surf Competition 2013, akan memperebutkan hadiah total sekitar Rp50 juta. Sampai Senin kemarin jumlah peserta sudah mencapai 150 lebih. Selain peserta lokal juga diikuti peserta asing dari sekitar 18 negara. Diantaranya dari Australia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Singapura, dan Jerman.(bud/ipg)

Teks Foto:
- Pantai Pulau Merah atau Red Island di Banyuwangi.

Pulau merah (Red Island) merupakan wisata pantai yang terletak di ujung selatan Banyuwangi. Pantai ini sangat alami, karena salah satu lokasi wisata di kawasan pantai selatan yang masih utuh. Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing. Bagi para surfer, Red Island merupakan salah satu pilihan tempat surfing di Indonesia.Ketika laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, para pengunjung bisa lebih menikmati keunikan tempat ini. Keunikan tersebut berupa gunung kecil yang berada di tengah pantai. Gunung ini tanahnya berwarna merah, oleh karena itu tempat ini dinamakan Pantai Pulau Merah.Pulau Merah adalah sebuah pulau yang berbentuk bukit kecil. Pulau ini berdampingan dengan pantai yang berpasir putih sepanjang kurang lebih tiga km. Pantai Red Island terletak sekitar 60 kilometer dari Kota Banyuwangi ke arah selatan. Perjalanan yang membutuhkan waktu dua setengah jam. Sebagian kawasan pantai Red Island berada di kaki Gunung Tumpang Pitu yang menjulang ratusan meter dan juga merupakan kawasan hutan lindung.Di sebelah timur pantai ini terdapat pegunungan, yang konon kabarnya mempunyai kekayaan alam yang tersembunyi di sebelah selatan pulau. Dari sanalah kita dapat menikmati indahnya sunset di sore hari. Sekitar 50 meter ke barat terdapat pelabuhan pelelangan ikan yang cukup besar.Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar pantai Red Island ini yaitu mulai dari Surfing, Snorkeling, Fishing, Boating, atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam. Di area pantai Red Island ini, terdapat sebuah pura yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan upacara Mekiyis. Biasanya upacara tersebut dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini hanya dilakukan orang-orang yang beragama Hindu.


 Indahnya saat Sunset di Pulau Merah












Poskan Komentar