09 Desember 2015

Menang Telak 88,8% Suara, Anas Pimpin Banyuwangi Kembali

Pasangan Calon Bupati Abdullah Azwar Anas dan Calon Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko unggul dalam Pilkada Banyuwangi menurut hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan oleh Citra Publik-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network.

Pasangan petahana itu meraup 88,81 persen suara. Sedangkan kompetitornya, Sumantri Sudomo dan Sigit Wahyu Widodo (Su-Si), mendapatkan 11,19 persen.

Video = https://www.youtube.com/watch?v=2mWdKBKKAFI
Hitung cepat dilakukan di lebih dari 228 TPS pada tingkat kepercayaan 98,25 persen dengan margin of error 1 persen. Metode penarikan sampel memakai multistage random sampling. Sampel TPS diambil secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih.

"Ini perhitungan final quick count dari semua data yang masuk," kata Direktur Citra Publik-LSI Network Ade Mulyana saat jumpa pers di Hotel Santika, Banyuwangi Rabu (9/12/2015).

Menurut Ade, kemenangan Anas sudah diprediksi jauh sebelumnya mengingat elektabilitasnya yang tinggi. Sebagai petahana, Anas dinilai berhasil memimpin Banyuwangi oleh mayoritas warga.
Ade mengatakan, sebelumnya dalam survei diketahui bahwa pemilih rasional Anas yang sulit digoyahkan (strong supporters) mencapai kisaran 84 persen. Mereka adalah pemilih rasional yang mendukung Anas karena alasan kinerja.

Berdasarkan hasil quick count, sebaran kemenangan merata di semua wilayah. Kemenangan terbesar Anas berada di Kecamatan Kabat, Rogojampi, Singojuruh, dan Songgon dengan rata-rata kemenangan 92 persen.

Sementara itu, Calon Bupati Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada seluruh masyarakat Banyuwangi. Terkait hasil quick count, Anas meminta semua pihak menunggu hasil perhitungan resmi oleh KPUD Banyuwangi.

"Quick count secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan. Tapi kita semua harus menunggu perhitungan resmi KPUD," jelas Anas.

Tidak ada komentar: