13 November 2015

Pemkab Gunung Kidul Belajar Perencanaan ke Banyuwangi

Kemajuan Banyuwangi yang pesat, menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul untuk bertandang ke Bumi Blambangan. Sedikitnya 46 perencana SKPD dan BAPPEDA Kabupaten Gunung Kidul ini berkunjung dan belajar langsung tentang perencanaan jangka panjang dan jangka tahunan dari BAPPEDA Banyuwangi, Kamis (12/11).

“Tahun depan kami akan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Tentu saja agar yang kami susun bagus, kami perlu acuan dari daerah lain yang lebih baik,“ beber Staf Ahli Bidang Ekonomi & Keuangan,  Dra Siwi Irianti, Msi yang juga didhapuk sebagai ketua rombongan.
Banyuwangi sengaja dipilih, kata Siwi, karena tak lepas dari keberhasilannya berinovasi dan memperoleh berbagai penghargaan. “Kami banyak membaca dari media massa yang gencar memberitakan terobosan-terobosan yang dibuat Banyuwangi hingga beroleh penghargaan. Banyuwangi itu hebat. Perencanaannya dapat penghargaan, laporan keuangannya bagus, begitu juga dengan  indikator keuangan mikro dan makronya, penilaian dari pemerintah pusat dan provinsi serta ekspose media yang juga  bagus,” tutur Siwi.
Sebelum berkunjung ke BAPPEDA Banyuwangi,  rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling pendopo Kabupaten Banyuwangi. Kesempatan tersebut tak disia-siakan para tamu untuk sharing ilmu dan mencari tahu berbagai hal menarik tentang Banyuwangi.
Ditemui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi dan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, M.Y. Bramuda, mereka bertanya salah satunya tentang kiat Banyuwangi sehingga event Banyuwangi Festival sampai memasuki tahun keempat berhasil diselenggarakan dan bahkan mendongkrak perekonomian Banyuwangi. “Kuncinya adalah sinergitas SKPD dan reformasi birokrasi di bidang IT,” kata Bram. (Humas & Protokol)

Tidak ada komentar: