07 Februari 2016

DPRD Buleleng dan Kabupaten Malang Kunker Ke Banyuwangi

Setelah dinobatkan sebagai jawara UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism untuk kategori ”Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola” pada 20 Januari 2016 lalu, Banyuwangi semakin banyak mendapatkan kunjungan daerah lain yang ingin belajar pengelolaan pariwisata. Sebanyak 10 orang anggota komisi II DPRD Kabupaten Buleleng, Bali berkunjung ke kabupaten di ujung paling timur Pulau Jawa ini, Kamis (4/1), untuk mempelajari lebih jauh bagaimana Banyuwangi mengembangkan pariwisatanya.
Ketua rombongan sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Ketut Susila Umbara,  mengatakan pihaknya sangat kagum dengan pesatnya perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Inovasi pengembangan pariwisatanya pun, lanjut nya, sudah membuahkan penghargaan dari pemerintah pusat dan juga dunia.
“Atas dasar itu, sebagai komisi yang membidangi pariwisata, kami merasa sangat berkepentingan untuk menggali kiat-kiat Banyuwangi dalam mengembangkan pariwisatanya. Apalagi Buleleng dan Banyuwangi ini berdekatan dan memiliki kultur yang hampir sama,” kata Ketut saat diterima oleh Asisten Pembangunan dan Kesra Kabupaten Banyuwangi, Wiyono, di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi.
Salah satu yang ingin dipelajari, kata Ketut adalah bidang pendanaan untuk penyelenggaraan berbagai event  yang dikemas dalam agenda Banyuwangi Festival (B-Fest). Sebuah agenda tahunan yang menyajikan berbagai event yang mengangkat kearifan lokal. Mulai dari seni budaya, olah raga, religi, hingga event sosial.
“Kami lihat, even tahunan yang ada di Banyuwangi ini begitu mudahnya dilakukan meskipun pendanaannya di luar APBD. Kami sangat tertarik untuk mempelajari bagaimana cara mendapatkan dana ini. Karena di tahun ini kami berencana membuat event serupa untuk mendongkrak pariwisata di Buleleng,” kata Ketut.
Selain pengembangan pariwisata, kata Ketut, Komisi II DPRD Buleleng juga tertarik untuk melihat secara langsung pengembangan wisata Marina di Pantai Boom. Sekaligus mencari peluang kerjasama antar daerah setelah Marina Pantai Boom berjalan. “Marina Pantai Boom ini kan dekat dengan Pulau Menjangan. Kalau bisa dijalin kerja sama pasti akan sangat menguntungkan bagi daerah kami,” ujar Ketut.
Selain Komisi II DPRD Buleleng, di waktu yang bersamaan Kabupaten Malang juga berkunjung ke Banyuwangi untuk belajar tentang pengelolaan administrasi/ persuratan di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di lingkungan kantor Sekretariat Daerah. Sedikitnya ada 20 orang ikut dalam rombongan yang dipimpin langsung Administrasi Umum Kabupaten Malang, Mursydah. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: