20 Februari 2016

Dilantik Jadi Ketua TP PKK Banyuwangi, Dhani Azwar Anas Akan Bangun Program Selaras Prioritas Pembangunan Pemkab

Sehari setelah Gubernur Jatim Soekarwo melantik Walikota/Bupati periode 2016 – 2021, giliran Nina Soekarwo melantik 17 Ketua TP PKK daerah, salah satunya Ketua TP PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas. Selain dilantik sebagai ketua PKK, para istri kepala daerah ini juga dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) daerah. Pelantikan ini digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (18/2).

Usai dilantik, Ny Dhani Azwar Anas langsung membeberkan sejumlah program yang akan dilaksanakannya selama lima tahun ke depan. Program-program PKK akan diselaraskan dengan program prioritas pembangunan dari pemkab. Di antaranya, program pendidikan dan kesehatan yang saat ini menjadi program prioritas pemkab Banyuwangi.
Di bidang pendidikan, kata dia, PKK akan mengintensifkan program yang sebelumnya sudah berjalan. Mulai dari sosialisasi program Pra nikah, parenting dan pengembangan PAUD di masyarakat.
"Banyuwangi tengah fokus pada pengembangan SDM. PKK tentunya akan mensupport program ini lewat wadahnya. Kami akan mensosialisasikan bagaimana cara mendidik anak dengan benar pada ibu-ibu. Karena ini dasar untuk mencetak generasi yang berkualitas,” kata Ny Dhani Azwar Anas, melalui sambungan seluler.
Di bidang kesehatan, lanjut Ny Dhani, PKK juga berkomitmen akan mendorong peningkatan derajat  kesehatan masyarakat dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah elemen terkait.
“Kami akan melakukan upaya preventif kesehatan pada masyarakat. Melalui, kampanye pentingnya hidup bersih dan menjaga kesehatan, agar masyarakat tidak gampang terserang penyakit. Tak lupa kami juga akan terus memibta para ibu-ibu untuk memperhatikan asupan makanan yang sehat bagi keluarganya. Anak sekolah juga akan kami sentuh, kami akan ajak mereka untuk tidak jajan sembaramgan. Karena sudah banyak kasus penyakit dan kematian yang disebabkan pola makan yang salah," kata Ny Dhani.
Terkait tugasnya sebagai ketua Dekranasda, Dhani menjelaskan PKK bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) akan bersama-sama mempromosikan sejumlah produk unggulan karya perempuan Banyuwangi, serta tata cara pwngemasan produk yang baik.
"Untuk ini kami akan melanjutkan program stimulasi packaging buah dan produk olahan kaum ibu. Apalagi saat ini Banyuwangi tengah gencar prmosikan pariwisata, hasil makanan olahan ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh bagi wisatawan,” terang Ny Dhani Azwar Anas.
Tak hanya itu, PKK juga akan ikut mendorong pengembangan UMKM di Banyuwangi. ”Salah satunya mengajak para perempuan untuk menekuni kerajinan batik. Batik itu warisan nusantara, sayang sekali kalau tidak ada yang generasi pembatik," pungkas Ny Azwar Anas.
Sementara itu, Ny Nina Soekarwo, berpesan agar 17 Ketua TP PKK dan Dekranasda se Jawa Timur selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah provinsi. Terutama masalah pengembangan UMKM yang dirintis para perempuan.
"Bina dan bantu pemasaran produk-produk UMKM, khususnya yang dikelola oleh perempuan. Kami yang ada di provinsi ini siap membantu dan mempromosikan UMKM daerah agar pangsa pasarnya lebih luas," kata Nina Soekarwo. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: