13 Februari 2016

Sambut Imlek 2016, Kelenteng Tik Liong Tian ‘Bersolek’Rogojampi Banyuwangi

suasana Imlek mulai kental terasa di Klenteng Tik Liong Tian, Rogojampi, Banyuwangi. Tempat ibadah umat Tri Dharma ini mulai bersolek. Sejumlah lampion sudah mulai terpajang. Begitu pula dengan lilin merah raksasa sudah disiapkan.
Video = https://www.youtube.com/watch?v=M3bZCbdIkwc
Linggawati Wijaya, Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma Tik Liong Tian mengatakan, kemeriahan tahun baru Cina tidak hanya berlangsung pada malam puncak, yakni tanggal 8 Februari ini. Melainkan sudah digaungkan sejak pekan sebelumnya.

Diawali dengan upacara Song Shen, yaitu pembersihan seluruh altar suci. Acara ini dilakukan pada 6 hari sebelum Imlek.

“Kita meyakini saat itu semua Dewa naik ke surga,” ucapnya, Kamis Lalu, sambungnya, dilanjutkan dengan pembagian sembako dan angpao pada 200 umat Tri Dharma. Kegiatan serupa juga dilakukan pada hari perayaan. Bedanya, pada saat peribadatan, bingkisan dan angpao hanya dibagikan pada anak – anak.

“Seluruh anak umat Tri Dharma yang datang saat upacara peribadatan akan diberi,” jelasnya.

Wanita yang juga disapa Tjio Ling Ling menambahkan, di Klenteng Tik Liong Tian atau yang juga berarti Pintu Raja yang Bijaksana, tidak ada perayaan khusus pada puncak Imlek. Karena, pada hari pergantian tahun para umat sibuk beribadah bersama keluarga di rumah masing – masing.

Perayaan besar – besaran, baru akan digeber di Klenteng yang menaungi 150 umat Tri Dharma Rogojampi, pada 2 minggu pasca Imlek. Tepatnya pada malam bulan purnama bebarengan dengan perayaan cap Go Meh.

“Disitu seluruh keluarga umat Tri Dharma akan berkumpul di klenteng untuk sembahyang sekaligus menikmati lontong Cap Go Meh,” pungkasnya.

Tidak ada komentar: