13 Oktober 2015

International Banyuwangi Run Diikuti Pelari Kenya

Dua pelari dari Kenya, Charles Kipkorir dan Collins Kipkorir Kimosop, dipastikan turut berlaga di International Banyuwangi Run, yang akan digelar Sabtu, 17 Oktober besok. Hingga H-5 peserta sudah mencapai 90 persen dari total target 1000 peserta.
 
“Pendaftar sudah mencapai 900 orang. Kuota bagi pendaftar hanya tersisa untuk kategori 10 KM, itu pun menyisakan kesempatan bagi 87 pendaftar saja. Dari daftar yang kami terima ada dua pelari dari Kenya akan turut bertanding,” kata Wawan.
Banyuwangi International Run akan melombakan dua kategori lari, yakni Open 5 KM dan Open 10 KM dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 100 juta. Even sport tourism ini yang digelar pertama kali ini digagas bareng antara Gerakan Berlari Untuk Berbagi (BUB) dan Pemkab Banyuwangi.
Peserta lomba akan menempuh lintasan sejumlah ruas kota Banyuwangi. Mereka akan menyusuri dan melewati beberapa landmark kota seperti Pendopo, Taman Sritanjung, dan Pantai Boom. “Kita sengaja ingin mengajak para peserta untuk melihat dari dekat keindahan Kota Banyuwangi sekaligus juga promosi wisata. Peserta juga akan berlari di pinggir Pantai Boom,” ujar Wawan.
Para pelari ini akan memulai lomba mulai pagi hari. Kategori 10 KM lomba akan mengambil start pada pukul 06. 15. Hanya terpaut 5 menit dari kategori 5 KM yang dimulai pada 06.15. “Selain Open, lomba lari ini juga menggelar kategori pelajar. Sudah ada 500 pelajar yang siap berkompetisi menempuh lintasan dengan jarak 5 KM,” kata Wawan.
Ditambahkan Wawan, setiap peserta Open yang berhasil mencapai garis finish sesuai dengan ketentuan akan mendapatkan medali, sementara kategori pelajar memperoleh sertifikat. “Semua peserta tanpa kecuali yang ikut Banyuwangi run juga akan mendapatkan merchandise berupa kaos, goody bag dan catatan waktu berupa cip,” imbuh Wawan.
Tidak hanya bisa menikmati suasana kota Banyuwangi, nanti di sepanjang rute yang dilalui oleh pelari, mereka juga akan dihibur oleh kesenian khas Banyuwangi di 32 titik sepanjang lintasan. “Kesenian ini juga untuk menyemangati para pelari dan untuk meramaikan suasana,” cetus Wawan.
Berikut rute Banyuwangi International Run 10 KM. Start Taman Sritanjung - Jl. Jendral Sudirman – Jl. Jendral A. Yani – Jl. Adi Sucipto – Patung Kuda – Jl. Kepiting – Kol. Sugiono – Jl. Mayje MT. Haryono – Kampung Ujung – Pantai Boom – Jl. Banterang (PLN) – Mall Borobudur dan finisf di Pendopo.
Kategori 5 KM, start di Taman Sritanjung - Jl. Jend. Sudirman – Perliman – Jl. KH. Wachid Hasyim – Paldam – Jl. Mayjen MT. Haryono – Kampung Ujung – Pantai Boom – Jl. Banterang – Mall Borobudur dan finish di Pendopo. (humas protokol)

Tidak ada komentar: