06 Juni 2015

Blue Fire Kawah Ijen Jadi Api Porprov Jatim

Bupati Abdullah Azwar Anas menerima api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke V, di Pendopo Sabha Swagata, Kamis (4/6). Api yang diambil dari blue fire di Kawah Ijen ini disematkan di atas sebuah tungku besar oleh Anas bersama dengan Ketua Harian Koni Jatim Dhimam Abror. Api ini akan berada di Pendopo sampai pelaksanaan pembukaan Porprov pada Sabtu 6 Juni besok.
Api Porprov itu sendiri diambil dari blue fire di dalam Kawah Ijen pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Api diambil oleh tim gabungan dari KONI Provinsi Jatim, KONI Banyuwangi dan Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi. Api kemudian menempuh perjalanan sekitar 45 KM dengan dibawa menggunakan dua buah obor menuju Pendopo Banyuwangi untuk disemayamkan hingga pelaksanaan pembukaan Porprov. Puluhan penambang belerang Ijen juga turut mengiringi pengiriman api ini.
Blue fire merupakan fenomena alam yang unik dari Gunung Ijen. Api biru ini muncul akibat proses kimia terbakarnya gas metana yang dihasilkan belerang oleh rembesan panas bumi dari perut bumi. Selain di Ijen, di belahan dunia lain fenomena unik ini hanya bisa ditemui di Islandia. Gunung Ijen sendiri merupakan salah satu gunung merapi di Banyuwangi yang ketinggiannya 2.799 mdpl.
Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, api Porprov sengaja diambil dari api abadi yang berasal dari blue fire Kawah Ijen sebagai simbol dari perjuangan dan kerja keras para atlit Porprov dalam bertanding.  “Seperti para penambang belerang di Gunung Ijen yang bekerja keras untuk mendapatkan belerang.
Meskipun beban yang dipanggul sangat berat, namun mereka tetap berjuang membawa ratusan kilogram belerang dari puncak Ijen ke bawah. Atlit pun diharapkan memiliki semangat yang sama,” kata Anas.
Anas juga berharap spirit perjuangan dan kerja keras atlit porprov juga dibarengi dengan spirit sportivitas dalam bertanding. “Kita berharap Porprov bisa menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi sampai tingkat internasional,” ujar Anas.
Sementara itu Ketua Harian KONI Jatim, Dhimam Abror mengatakan, pengambilan api Porprov dari blue fire Ijen merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa. Api ini akan menjadi api yang menyemangati para atlet selama berlangsungnya Porprov.
Dhimam mengatakan pada tanggal 6 Juni besok, api tersebut akan dibawa ke Stadion Dipenogero Banyuwangi saat berlangsungnya opening ceremony Porprov 2015. Api ini akan terus menyala sampai akhir pertandingan Porprov pada tanggal 13 Juni. “Api akan dipadamkan pada upacara penutupan tanggal 13 Juni mendatang,” kata Dhimam.

Rencananya, api Porprov tersebut akan diarak berkeliling Kota Banyuwangi, usai sholat Jum’at besok (5/6). Arak-arakan tersebut akan melewati jalan-jalan utama di Kabupaten Banyuwangi. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: