06 Juni 2015

Banyuwangi In Your Hand Promosi Daerah ke Seluruh Dunia lewat aplikasi smartphone

Banyuwangi terus berinovasi untuk kemajuan daerah melalui teknologi informasi. Kali ini Pemkab bersama dengan Telkomsel meluncurkan aplikasi Banyuwangi In Your Hand, di Pendopo Sabha Swagata 
Blambangan, Jumat (5/6). Melalui aplikasi ini, Banyuwangi bisa dijangkau dari seluruh pelosok dunia.
Banyuwangi In Your Hand merupakan aplikasi augmented realty yang akan memberikan digital experience kepada penggunanya. Pengguna aplikasi ini akan mendapatkan berbagai informasi objek wisata, hotel, kuliner dan industri kreatif di Banyuwangi dalam format digital, cukup dengan melakukan pencarian melalui direktori aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasi ini pun mudah, yakni dengan mendownload aplikasinya di google store.
Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan peluncuran aplikasi Banyuwangi in your hand merupakan salah satu persembahan perusahaan telekomunikasi nasional ini dalam memajukan pariwisata Banyuwangi. Aplikasi ini merupakan bagian dari aplikasi Indonesia In Your Hand yang telah diluncurkan sebelumnya.
“Ini adalah persembahan kami untuk Indonesia dan Banyuwangi khususnya dalam kontribusi memajukan bangsa. Melalui aplikasi ini seluruh dunia bisa melihat Banyuwangi hanya dengan sentuhan mudah di dalam genggaman. Kami  berharap aplikasi ini bisa meningkatkan pariwisata Banyuwangi sekaligus memperkaya Pemkab yang juga tengah membangun kota cerdas dengan konsep smart kampungnya,” kata Sukardi.
Sukardi melanjutkan, dipilihnya Banyuwangi sebagai salah satu daerah pengembangan aplikasi tersebut karena Banyuwangi dianggap daerah yang concern dalam pengembangan pariwisata dan telah siap dalam mendevelop konten-konten didalam aplikasi.
“Terbukti pariwisata Banyuwangi saat ini sangat terkenal di Indonesia. Lewat aplikasi ini kami ingin Banyuwangi semakin terkenal di seluruh dunia. Daerah lain sangat bisa untuk mengembangkan aplikasi ini apabila bupati-bupatinya mau dan serius untuk mengembangkan. Karena Kami menyiapkan badannya saja, sedangkan semua isinya dari daerah,” jelas Sukardi.
Yudi C. Anwar, General Manager Marketing Intelligence Telkomsel menambahkan, Banyuwangi In Your Hand merupakan turunan dari aplikasi Indonesia In Your Hnad yang juga dikembangakan oleh Telkomsel. Aplikasi turunan lainnya adalah Bali dan Bandung In Your Hand.
“Jika aplikasi Indonesia In Your Hand dibuat selama 4  bulan, untuk Banyuwangi In Your Hand Cuma 2 minggu,” ujarnya.
Banyuwangi lebih cepat karena template yang digunakan kurang lebih sama, tinggal diedit sedikit. Tantangannya lebih kepada melengkapi database yang masih harus dilakukan secara manual. Intinya aplikasi ini harus ada konten. Seperti landmark, hotel, restoran , rumah sakit, bank, bengkel dan poin interest lainnya,” lanjut Yudi.
Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik diluncurkannya Banyuwangi In Your Hand oleh Telkomsel. Ini akan menjadi salah satu instrumen percepatan dalam pengembangan pariwisata daerah.
“Kami menyadari teknologi merupakan jalan bagi Banyuwangi untuk mengejar berbagai ketertinggalan, baik dalam reformasi birokrasi, ekonomi dampai pariwisata. Sebelumnya Banyuwanmgi juga telah meluncurkan aplikasi pariwisata berbasis android. Dengan aplikasi ini akan membuat Banyuwangi semakin dikenal, meningkatkan kunjungan wisatawan dan pada akhirnya akan memajukan perekonomian daerah,” Kata Bupati Anas. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: