14 Agustus 2015

Festival LAyang-layang akan Dimulai Besok pukul 07.00

Sehari menjelang pelaksanaan Banyuwangi Kite Festival yang akan dihelat besok Sabtu 15 Agustus, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau kesiapannya di Pantai Boom, Jumat (14/8). Mulai melihat lokasi pelaksanaan, layang-layang yang akan dilombakan, hingga stand pameran layangan yang ada.

VIDEO= https://www.youtube.com/watch?v=S7yRCe0OEm0

Saat meninjau lokasi, Anas meminta agar panitia menyediakan lahan yang lebih luas bagi warga yang akan menyaksikan festival layang-layang tersebut. "Tolong stand pameran dimundurkan 3 meter, agar penonton lebih leluasa melihatnya. Selain itu, ini juga agar peserta lebih banyak ruang untuk menaikkan layangan. Apalagi layangannya banyak yang besar," kata Anas.
Terkait pelaksanaannya, Anas mengatakan bahwa persiapannya sudah 90 persen.  Tinggal mengatur hal-hal teknis terkait kedatangan warga yang akan menonton. "Besok pasti Boom bakal ramai. Tolong parkirnya ditertibkan. Besok kendaraan dilarang masuk, parkir sampai pintu masuk saja. Ini agar festival layang-layang ini bisa dinikmati semua warga," kata Anas.
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wawan Yadmadi menjelaskan bahwa festival layang-layang yang akan digelar 15 Agustus besok itu akan dimulai pukul 07.00. Dimulai dari lomba mewarnai dan meghias layang-layang oleh 1000 anak TK - SD. PAda pukul 08.00, akan dimulai terlebih dulu lomba bandhetan umum.
"Selanjutnya pada pukul 09.00 acara akan dibuka Bupati Anas yang akan disusul dengan lomba kategori menerbangkan layangan hias ke udara. Kategori ini diperkirakan berlangsung sampai pukul 15.00," ujar Wawan.
Sore harinya, lanjut Wawan, sekitar pukul 15.00 juga akan dilombakan bandhetan antar SKPD. Pada malam harinya pukul 18.00, festival layang layang sowangan akan dimulai.
Sekadar diketahui, Banyuwangi Kite Festival ini ada tiga kategori yang dilombakan. Pertama menerbangkan layangan ke udara, berapa lama layangan itu bisa terbang dan sampai dimana tingkat kesulitannya. Kedua, sambitan atau saling menggesek antar benang layangan di udara. Ketiga, adu sowangan (dengung suara layangan-red). Layangan sowangan adalah layangan hias yang berpendar di angkasa yang mengeluarkan bunyi atau suara yang didapatkan dari tiupan angin. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: