30 Mei 2015

Banyuwangi Tuan Rumah Pekan Seni Pelajar Se Jatim

Banyuwangi kembali dipercaya menjadi tuan rumah even provinsi Jawa Timur, kali ini Pekan Seni Pelajar (PSP) 2015 yang akan dilangsungkan 31 Mei – 3 Juni 2015. Sedikitnya akan ada 10 ribu pelajar dari SD hingga SMA se Jawa Timur, hadir di Banyuwangi untuk mengikuti beragam cabang kesenian. Pembukaan PSP ini, akan digelar Minggu (31/5) pagi pukul 07.30 WIB di depan kantor Pemkab Banyuwangi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifulloh Yusuf.
Pekan seni pelajar merupakan even dua tahunan yang memberikan kesempatan bagi para pelajar mulai SD sampai SMA untuk mengeksplorasi bakat dan minat yang dimilikinya. Kegiatan ini sendiri terdiri atas berbagai lomba seperti Samroh, Paduan Suara, Baca Puisi, Teater, Tari dan Musik Tradisi.
Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, PSP merupakan sebuah event positif bagi pelajar sebagai aktualisasi diri. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak hanya menyalurkan bakat dan minat tapi juga dapat menumbuhkan kepercayaan diri para pelajar untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat di masa yang akan datang,” kata Anas.
Selain itu pekan seni pelajar juga menjadi ajang bertemunya para pelajar se Jawa Timur untuk saling mengenal kesenian daerah masing-masing. Mereka juga bisa saling mengukur kemampuan bakat dan seninya. “Di sini para pelajar akan belajar bagaimana berlomba secara sportif sambil membawa kebanggaan nama baik daerahnya,” ujar Anas.

Anas juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi yang telah memberi kepercayaan pada Banyuwangi sebagai tuan ruman even tingkat Jawa Timur. “Jika kemarin kita menjadi tuan rumah MTQ Jawa Timur, besok menjadi tuan rumah Pekan Seni Pelajar dan lusa menjadi tuan rumah Porprov. Tentu kepercayaan ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Banyuwangi untuk bisa menunjukkan kepada para delegasi Banyuwangi bisa menjadi tuan rumah yang baik dan mengantarkan semua even sukses sampai selesai,” kata Bupati Anas.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Sulihtiyono, menambahkan, PSP ini bakal diikuti lebih dari 10.000 pelajar dari SD hingga SMA dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Seluruh peserta yang jumlahnya sekitar 10 ribu pelajar ini akan bermalam di sekolah-sekolah yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Diantaranya, kamar mandi, tempat tidur, makan dan transportasi yang digunakan untuk mobile ke venue lomba,” ujar Sulih.
Ada 9 kegiatan lomba dalam PSP ini, Samroh, Paduan Suara, Baca Puisi, Teater, Tari dan Musik Tradisi. Selain itu juga ada lomba lukis tingkat SD, lukis poster SMP, design tekstil SMA. Seluruh kegiatan lomba akan di tempatkan di sejumlah  venue yang telah ditetapkan panitia. Misalnya, di Taman di Taman Sritanjung untuk lukis SD, Taman Blambangan untuk lukis poster dan SDN Kepatihan design tekstil. Pantai boom untuk Samroh, SMAN I Giri untuk paduan suara dan SMKN I Banyuwangi untuk baca puisi. SMPN I Giri dan SMKN I Glagah untuk teater. STIKES Banyuwangi untuk lomba tari dan Aula Dinas Pendidikan musik tradisi.
Acara pembukaan ini ditandai dengan pertunjukan kesenian kolaborasi dari berbagai kabupaten. Dilanjutkan pawai seni budaya pelajar se Jawa Timur, dengan rute start dari depan kantor pemkab Jalan A Yani – Jalan Dr Soetomo – Jalan Wahidin Sudirohusodo dan finish Taman Blambangan. Untuk melengkapi kemeriahan PSP 2015 ini juga digelar Pameran Pendidikan di Taman Blambangan selama berlangsungnya PSP. (Humas Protokol)

Tidak ada komentar: