24 April 2015

Pameran UMKM goes To global Market Tampo Cluring Banyuwangi

Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah 2015 Tampo Cluring Banyuwangi

UMKM Tampo Cluring Ikut Pameran B-Fest

Video=  https://www.youtube.com/watch?v=TZsClPVBrMc


Kepala Badan Pemberdayan Masyarakat Pedesaan (BPM-Pd) Kabupaten Banyuwangi Dr. Suyanto Waspotondo Wicaksono, M.Si, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan usaha dibidang UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar kedepan UMKM yang digeluti masyarakat bisa berkembang supaya mampu menembus pasar global.
Hal ini dikatakan saat pihaknya mengunjungi acara pembukaan Tampo Fair 2015 yang bertemakan UMKM Goes To Global Market yang diselenggarakan Desa Tampo Kecamatan Cluring. Kegiatan ini merupakan ajang pameran usaha kerajinan masyarakat. Jenis kerajinan yang dipamerkan antara lain kerajinan batik khas banyuwangi seperti batik gajah oling, kangkung setingkes dan lain – lain, ada juga yang menyuguhkan aneka masakan khas Bumi blambangan seperti nasi tempong, rujak soto dan kue khas setempat (23/4).
Guna menunjang pemodalan jenis usaha yang dikembangkan masyarakat pihaknya memaparkan, bagi masyarakat yang memiliki UMKM yang berdiri secara mandiri maupun berkelompok tidak usah bingung untuk mencari modal karena pemerintah sudah meyiapkan anggaran UMKM yang direlisasikan melalui Dinas Kopersai, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan, dan BPM-Pd.
“UMKM harus terus ditingkatkan agar usaha yang digeluti masyarakat bisa berkembang, baik secara mandiri maupun berkelompok. Terkait modal usaha masyarakat bisa mengajukan dengan persyaratan yang cukup mudah  melalui dana UMKM dari Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan atau melalui dana ADD. Kerena di tahun ini dana ADD akan direalisasikan sekitar 600 juta per desa,” paparnya.
Pihaknya menambahkan. “Yang jelas untuk bisa memajukan UMKM ada tiga hal yang harus dilakukan masyarakat, yakni sumberdaya manusia, kualitas produk dan marketingnya juga harus ditingkatkan. Saya harap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dan dijadikan agenda tahunan. Supaya UMKM yang ada dimasyarakat bisa berkembang,” pungkasnya. (Yud)
Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lapangan Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, resmi dibuka Siang kemarin (23/4). Pameran itu diikuti 30 UMKM se-rt dsa Tampo Cluring Banyuwangi. Pameran UMKM yang digelar tanggal 23 - 25 April 2015 itu merupakan rangkaian acara Desa rt UMKM lokal,kuliner,seni dll,dalam rangka Banyuwangi Festival (B-Fest) 2015. “Kami mendukung penuh acara B-Fest 2015 di Banyuwangi.
Peserta UMKM berasal dari wilayah Rt dsa Tampo kec cluring. “Semua potensi milik warga Tampo kita keluarkan,”UMKM milik warga Tampo yang akan ikut pameran, meliputi kuliner,Ternak, kriya,  batik khas Tampo. “Tas, pahat, ukiran, dan batik, itu semua asli produk Tampo,
Para undangan kagum,tdk meyangka pameran tingkat dsa bsa
seramai ini.

Tidak ada komentar: