19 April 2015

Banyuwangi City Tour & Race 2015


Setelah sukses menggelar Banyuwangi City Tour and Race pada 2014 lalu, Pemkab Banyuwangi kembali menggelar ajang yang sama. Ajang bersepeda mengelilingi kawasan kota Banyuwangi ini akan digelar Sabtu (18/4/2015) besok.

Penanggung Jawab ajang tersebut, Guntur Priambodo, mengatakan event ini terdiri dari dua kategori, City Tour dan Race (balap sepeda). Guntur mengatakan City Tour mengambil konsep fun cycling, yakni bersepeda santai sambil menikmati keindahan kota Banyuwangi.

Ditambahkan Guntur, karena sifatnya yang fun, City Tour ini bisa diikuti siapa saja. Selain mengundang masyarakat umum, kata dia, pihaknya juga mengundang para penghobi olahraga sepeda baik individu maupun komunitas untuk meramaikan acara ini.

“Ini upaya kami untuk terus mendorong agar olahraga bersepeda menjadi gaya hidup yang sehat, terutama bagi anak muda. Siapa pun boleh ikut. Masyarakat bisa mendaftar langsung ke Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, atau outlet yang telah ditentukan," ujar Guntur, yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Banyuwangi itu.

Guntur menargetkan peserta yang ikut City Tour sebanyak 10 ribu orang. Para peserta akan diajak berkeliling kota Banyuwangi sepanjang 8 KM. Selain menikmati kota juga untuk mengetahui sejumlah check point yang ada di kota Banyuwangi ini.

“Kota Banyuwangi saat ini sudah tertata dan rapi, taman-taman kota juga indah. Banyuwangi juga dua tahun berturut-turut menerima Adipura. Kita ingin keindahan kota ini bisa dinikmati oleh banyak orang. Mereka nanti juga bisa tahu tetenger yang ada di kota, mulai dari Patung Pahlawan di Simpang Lima hingga TMP yang asri,” terang Guntur.


Dimulai pukul 06.00 WIB, peserta City Tour akan mengambil start di depan Taman Blambangan dan finish di Taman Blambangan kembali.“Rute City Tour dimulai dari Taman Blambangan – PLN – Pendopo – menuju ke selatan ke arah Patung Kuda – Jalan Baru (Jl. Kepiting) – Jl. MT Haryono – Jl. Wakhid Hasyim – Jl. Dr. Sutomo – hingga finish di Taman Blambangan lagi,” kata Guntur.

Sementara untuk kelas balapan ini rencananya akan dimulai pukul 09.00, setelah City Tour usai. Balapan ini terbagi kategori semi profesional dan profesional. Semi pro akan diikuti oleh siswa SD, SMP dan SMA se-Banyuwangi.

“Akan ada perwakilan dari tiap sekolah untuk ikut kompetisi ini,” kata dia.

Kategori profesional, kata Guntur, akan diikuti oleh peserta yang biasa ikut lomba baik tingkat daerah, nasional maupun internasional. Ini terbagi dalam kelas Pemula, Junior, Executive, Man Elit dan Women Elit.

Para pebalap pro tersebut akan menempuh rute kriterium sepanjang 2,4 KM dengan sejumlah putaran. Kelas pemula (< 16thn) 2 lap, Junior (< 18thn) 4 lap, Woman 4 lap, executive 5 lap, dan man elite sebanyak 10 lap. Rute kriterium, start Taman Blambangan – PLN – Pendopo – menuju ke arah simpang lima (Perliman) – Jl. Dr Sutomo.

"Setelah menempuh lap terakhirnya, semua kelas akan langsung mengakhiri balapannya di Pos 1 Tawonan Ijen."

Ditambahkan Guntur, sejumlah peserta luar kota telah menyatakan siap berlaga di balapan ini. Seperti Pengda ISSI Malang, Bali, Probolinggo, Jember, Gresik, Surabaya Road Bike Community, KFC, dan atlet tim andalan Banyuwangi BRCC (Banyuwangi Road Cycling Club. “Selain itu, di kelas executive akan diikuti penghobi sepeda nasional, seperti Azrul Ananda," pungkas Guntur.

Tidak ada komentar: